Covid-19NasionalTentang KKS

Bahas Kehidupan Pasca Pandemi, Sudjiwo Tejo Katakan Tidak Ada Istilah New Normal

 

Wawasan Talk (Gambar: dok. Wawasan) 

Wawasan, Kairo—“Sering dikatakan bahwa setelah covid ini hidup akan baru, hidup akan lain sama sekali. Pertanyaannya, kalau tidak ada covid apakah hidup akan begitu-begitu saja? Apakah kita sebagai manusia tidak mengalami perubahan? Faktanya manusia itu berubah dan terus berubah” ungkap Agus Hadi Sudjiwo atau akrab disapa Mbah Sudjiwo Tejo pada Webinar Wawasan Talk pada Selasa, (8/12).

Fikri Arif sebagai moderator memulai seminar dengan bertanya, setelah pandemi datang, masyarakat dan kehidupan sosial mengalami siklus perubahan. Dan orang-orang akan menerawang kira-kira apa yang akan terjadi setelahnya, oleh karena itu apa yang harus orang-orang sadari dan persiapkan?

“Dua hal yang perlu kita sadari. Bahwa jika dikatakan pandemi ini hidup menjadi tidak pasti, maka sebenarnya hidupnya kita memang dipenuhi ketidakpastian. Dan jika dikatakan hidup kita setelah pandemi akan baru, maka sebenarnya setiap hari hidup kita pasti baru” jawab Sudjiwo, Budayawan Indonesia tersebut.

Selain hal tersebut, Sudjiwo juga menyebutkan persiapan apa yang mesti dilakukan. Salah satu menurutnya adalah persiapan memasuki era digitalisasi, yang mana basic dari digitalisasi ini adalah database.

Bahkan, melalui seminar tersebut Sudjiwo menantang Mahasiswa yang berada di luar negeri yang sementara mengikuti seminar, apabila kembali ke Indonesia nanti, beranikah membuat database dalam bidang apapun. Yang menurutnya, berbeda sekali dengan menulis novel atau buku-buku lainnya. (Azhar) 

Artikel Terkait