KegiatanOrientasi

Ketua Panitia Tekankan Urgensitas Fokat 2023: Ibarat Rumah, Fokat Adalah Gerbang Utamanya

Wawasan, Kairo —“Ibarat rumah, fokat adalah gerbang utamanya dan untuk kelangsungan organisasi. Organisasi butuh kaderisasi, kita perlu mengkader teman-teman untuk kelangsungan berjalannya organisasi kita, khususnya di KKS Mesir,” ujar Syarif Hidayatullah selaku Ketua Panitia Fokat KKS 2023 yang dilaksanakan pada Sabtu (6/5) sampai Senin (8/5).

Pria asal Sidrap tersebut juga menambahkan, mereka menyelaraskan antara konsep Fokat tahun ini dan tahun-tahun sebelumnya. ”Tidak ada perbedaan mencolok, kita menyamakan dengan konsep sebelumnya. Di hari pertama ada konsep indoor, kita menghadirkan beberapa materi, dan di hari kedua ada outdoor yang di mana kita menggunakan konsep cross country, dan di hari ketiga kita mengadakan pemilihan ketua dan voting nama angkatan.”

Kegiatan ini diikuti oleh 155 anggota baru KKS yang tidak hanya berasal dari Sulawesi saja, tetapi juga diikuti oleh wajah-wajah baru KKS yang berasal dari Maluku, Kalimantan, bahkan Papua. Forum Kaderisasi ini juga dilaksanakan di tiga tempat berbeda, seperti hari pertama di Baruga KKS, hari kedua di Hadiqoh Dauliyah dan hari ketiga di Nadi Syabab Gamaliyah.

Forum kaderisasi yang dilaksanakan tiga hari tersebut rupanya sarat akan nilai kultural ketimuran yang turut ditanamkan kepada anggota baru. “Tidak ada perbedaan dari nilai-nilai yang selalu kita wariskan dari turun temurun, seperti sebelum-sebelumnya bahwa Fokat itu adalah forum perkenalan KKS secara umum. Bagaimana nilai-nilai kaderisasi yang diterapkan oleh kultural organisasi kita, seperti misalnya saling tolong menolong. Bagaimana KKS sebagai sebuah organisasi yang solid dan utuh. Artinya, jika ada satu yang tercederai, semuanya merasa sakit. begitu pun sebaliknya,” ujar Fiqrul Khalis Ukkas selaku Punggawa KKS 2022-2023.

Tak lupa juga dalam sesi penutup, Fiqrul memberikan harapan dari wujud terbentuknya angkatan baru di tengah-tengah warga KKS. “Harapan saya adalah bagaimana teman-teman Maba Raudhatul Istiqlal bisa menjadi regenerasi dan penerus kita semua. Kita pahami, bahwa KKS itu terlalu besar untuk diurus sendirian. Maka harapan kami teman-teman ini akan menjadi wajah KKS kedepannya, akan membuat nama KKS harum dan akan menjadi penyambung kita, meramaikan KKS dan melihat KKS bukan hanya sekadar bangunan,” tuturnya.

 

Reporter: Afwa Anna
Editor: Ichsan Semma

Artikel Terkait