Kegiatan

Bedah Buku Alla Madzhabiyyah, Jelaskan Nilai Adab Syekh Said Ramadhan al-Buthy

Bedah Buku Alla Mazhabiyyah (Gambar: Dok. Wawasan)
 Wawasan, Kairo- Nilai adab menjadi point utama yang mengemuka dalam acara bedah buku “Alla Mazhabiyyah” karya Syekh Said Ramadhan Al-Buthy. “Jadi saya pastikan kepada teman-teman ketika membaca kitab ini, dan kitab-kitabnya Syekh Al-Buthy pada umumnya, kalau antum kurang paham dengan ilmu yang ada didalamnya, minimal antum dapat dua hal, yang pertama, mendapat adabnya seorang Syekh Al-Buthy dan yang kedua, bagaimana sistematisnya pemikiran Syekh Said Ramadhan Al-Buthy” ungkap Sulhansyah, Lc., Dipl. sebagai pemateri dalam acara bedah buku ini.
Buku Alla Mazhabiyyah setebal 168 halaman ini berisi tentang  argumen-argumen dan potongan-potongan munaqasyah (diskusi) Syekh Al-Buthy terhadap golongan yang anti mazhab.
“Pada saat itu ada salah satu murid beliau yang kebingungan, karena dihadapkan salah satu selebaran berisikan bermazhab itu bidah dan sesat” tutur Sulhansyah saat menjelaskan latar belakang penulisan buku ini. 

Sulhansyah, Lc., Dipl. (Gambar: Dok. Wawasan)

“Dalam muqaddimah, Syekh Al-Buthy mengungkapkan sebetulnya tak ingin menulis satu tema yang sifatnya badahy (pemula), anak kecil saja sudah tahu bahwasanya mazhab itu tidak kontradiksi dengan syariat, Bahkan mazhab itu inti syariat” sambung Sulhansyah. 

Bedah Buku Alla Mazhabiyyah ini diselenggarakan oleh Departemen Pengembangan Intelektual KKS dan digelar di Baruga KKS, Rabu (21/10). Acara ini turut pula dihadiri oleh H. Muhammad Arizal Amir Ali, Lc. selaku Punggawa KKS priode 2020-2021. (Ibe)

Artikel Terkait