Info BeritaKegiatanKeilmuanMasisirTentang KKSWartaWawancara

Placement Test Terlaksana, Madrasah KKS Siap Memulai Pembelajaran

Suasana Placement Test. (Gambar: dok. Wawasan)

 Wawasan, Kairo“Paling lambat 3 hari kedepan kelas akan dimulai. Alasan utama diadakannya placement test ini selain untuk mengenali kemampuan yang dimiliki oleh kawan-kawan Madrasah KKS, pun untuk ditempatkan sesuai dengan tingkatan per individu kedepannya,” ucap Dzulkifli Al-Amin, Kepala Madrasah KKS pada Rabu (19/8).

Di samping itu juga, untuk mengetahui lebih pasti komitmen kawan-kawan yang telah mendaftar, dan bertujuan sebagai perkenalan singkat dengan visimisi Madrasah KKS sendirisebagai wadah yang akan merangkul kawan-kawannya untuk berjalan bersama meniti manhaj Azhari yang wasatiyah,” tambahnya.


Dengan adanya placement test atau tes untuk klasifikasi tingkatan peserta tersebut, banyak peserta yang berharap dapat ditempatkan sesuai dengan apa adanya kemampuan merekadan juga betul-betul mampu untuk dapat mewadahi kegelisahan mereka akan rendahnya pemahaman yang dalam terkait ilmu-ilmu dasar membaca kitab literatur Arab.


Proses klasifikasi mahasiswa Madrasah KKS itu berhasil mereka laksanakan dengan khidmat. Bertempat di 3 kediaman mahasiswa yang berbeda2 rumah laki-laki dan 1 rumah perempuan, tapi masih dalam satu daerah, tepatnya di Darbul Ahmar, DarrasahHal itu mereka lakukan demi menghindari adanya perkumpulan massa dalam jumlah yang banyak.

Dengan tingkat kehadiran 90% dari 162 peserta Madrasah KKS dalam placement test ini, tidaklah membuat proses klasifikasi tersebut mandek, dan cukup berjalan lancar dengan hasil yang memuaskan.


Walau kendalanya sendiri adalah absensi beberapa anggota tadi, sisanya saya kira tidak ada masalah, alhamdulillah,” pungkas Dandy Rukmanapenguji dalam tes itu. (Ibrahim Arfah)

Artikel Terkait