IADIWarta

Manuver HHQ Mesir dalam Menjaga Hafalan Qur’an Anggota

   

Wawasan, Kairo- Kamis, 15 Agustus 2019, HHQ Mesir kembali menyelenggarakan agenda rutinitasnya, yaitu sima’an bulanan bertempat di sekretariat HHQ, Distrik Qattamiyah, New Cairo. Agenda ini terlaksana dalam sebulan dua kali pertemuan, atau menggenapkan satu juz al-Qur’an dalam sebulan. Lima lembar di pertengahan bulan dan 5 lembar diakhir bulan.
HHQ atau Haiatul Huffadz Wal Qurra’ adalah komunitas untuk membantu anggota bermuraja’ah hafalan al-Qur’an agar terjaga dan mutqin (lancar:red). Status HHQ merupakan cabang dari HHQ Pusat di pondok pesantren Darud Da’wah Wal Irsyad (DDI Mangkoso) Tonrongnge.
HHQ Mesir terbentuk pada  20 Oktober 2017 di Hadiqah Al-Azhar dan dinakhodai oleh Muhammad Yusuf Patang Lc., Dipl.
“Meskipun wadah HHQ hanya kumpulan dari alumni DDI Mangkoso, bukan berarti kita tidak menerima selain alumni Mangkoso untuk ikut bergabung di dalamnya, kami membuka peluang bagi yang mau ikut selama itu ingin bersungguh-sungguh”, ucap yang akrab disapa Kanda Yusuf.
Sebelum sima’an berlangsung bakda salat Isya, ketua HHQ memberikan motivasi kepada seluruh anggota sebagai rangsangan tetap berdedikasi untuk al-Qur’an.
Adapun sistem sima’annya seperti biasanya, berpasang-pasangan saling berhadapan, lalu ada yang membaca dan menyimak.
Selepas rangkaian kegiatan sima’an, ada santapan malam yang disajikan oleh Farid Wajedi, berupa makanan khas Makassar coto Makassar yang  rasanya begitu lezat dan nikmat. Tak lupa pula ucapan terima kasih kepada Ustaz Arham Basid, Lc., selaku ketua umum Ikatan Alumni pondok pesantren DDI Mangkoso  yang telah mensponsori segala rangkaian acara HHQ Mesir. (islamvansheraiser)

Artikel Terkait